PABMI OPERASI GRATIS SERENTAK DI 17 RUMAH SAKIT

Dalam memperingati hari kemerdekaan RI ke-73, Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial Indonesia (PABMI) berupaya memecahkan Rekor MURI untuk kategori operasi bibir sumbing gratis di 17 rumah sakit; total ada 246 pasien yang dioperasi. 
Ke-17 rumah sakit yang turut serta dalam kegiatan ini adalah RSGM Unhas Makassar, RS Ampana Touna, RSGM Unpad Bandung, RS Biomedika Mataram, RS Siloam Karawaci Tangerang, RS Surya Insani Rokan Hulu, RSUD Kota Yogyakarta, RS Aisyah Padang, RS Anuntaloko Padang, RSUD Adjidarmo Rangkasbitung, RS Cahya Kawaluyaan Padalarang, RS Nenek Mallomo Sidrap, RS Panti Rahayu Purwodadi, RSUD Pandan Arang Boyolali, RSU Mitra Sejati Medan, RS Hermina Samarinta, dan RS Islam Gorontalo.
Salah seorang dokter spesialis bedah mulut di RS Cahya Kawaluyaan Padalarang, Alice Wenas, kepada wartawan mengatakan bahwa di rumah sakitnya ada 4 pasien yang dioperasi. Sesuai tema kegiatan, lanjut Alice, PABMI berharap jumlah penderita bibir sumbing terus menurun dan pasien yang telah dioperasi akan kembali normal dan bisa tersenyum percaya diri.
Sementara itu di RS Aisyiyah Padang berhasil dioperasi 24 orang pasien. Ketua PABMI Sumbar, Harvindo Nismal kepada wartawan mengatakan “dua meja operasi telah disipkan untuk mengoperasi 24 orang pasien bibir sumbing, pasien termuda berusia 3,5 Bulan sedangkan yang tertua 22 tahun, delapan spesialis bedah mulut dari Aceh, Batam, Bengkulu, Bandung, serta Padang sendiri mulai melakukan operasi pukul 08.00 WIB”.
Di Medan operasi dilakukan di RSU Mitra Sejati, dari target 10 pasien karena antusias masyarakat akhirnya terkumpul 24 pasien yang didominasi oleh anak-anak di bawah umur lima tahun. Selain spesialis bedah mulut dari RSU Mitra Sejati sendiri, kegiatan ini juga dibantu dengan dokter dari FKG Universitas Sumatera Utara, RSUD Pringardi, serta RSUP H Adam Malik.  
RSGM FKG Universitas Hasanuddin yang menjadi tempat pelaksanaan kegiatan di Kota Makasar berhasil mengoperasi 26 orang pasien. Direktur rumah sakit tersebut, M. Ruslin mengatakan operasi melibatkan 6 orang dokter gigi spesialis bedah mulut dan 2 orang dokter spesialis anastesi, lebih lanjut ia berharap penderita celah bibir akan kembali normal dan kembali percaya diri. *berita: rmol, detik, minangkabaunews, analisa, tribunnews, foto: muhamaddiyah.or.id

0 komentar:

 
Hak cipta copyright © 1997-2018 Dentamedia, isi dapat dikutip dengan menyebutkan sumbernya
© free template by Blogspot tutorial