Minggu, 21 Agustus 2022

JUMLAH DOKTER GIGI SPESIALIS MASIH KURANG

Jumlah dokter gigi spesialis di Indonesia masih kurang, demikian dikatakan Seretaris Jenderal Pengurus Besar PDGI Tari Tritarayati pada saat pembukaan Inter’dental Indonesia 2022 di Hotel Pullman Cental Park Jakarta 20 Agustus 2022.

Inter’dental 2022 merupakan acara yang diselenggarakan International College of Dentists (ICD) XV Region 38 (Indonesia) bekerja sama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Jakarta Barat serta ASA Exhibitions (PT Nusaraya Asa Pameran). Kegiatan ini merupakan pameran yang menampilkan beragam produk, peralatan, solusi dan teknologi terkini dalam industri kedokteran gigi dan mulut diikuti lebih dari 30 perusahaan dan supplier dental dalam negeri dan juga tiga perusahaan asal Korea Selatan.

Jumlah dokter gigi di Indonesia mengalami potensi pertumbuhan yang pesat. Menurut data Konsil Kedokteran Indonesia per 2 Agustus 2022, tercatat ada sekitar 38 ribu dokter gigi yang terdiri dari 34.222 dokter gigi umum dan 4.601 dokter gigi spesialis yang terdaftar. Namun menurut Sekjen PB PDGI jumlah dokter gigi spesialis masih kurang, “saat ini satu dokter gigi spesialis melayani lebih dari 85.000 ribu pasien, jumlah tersebut untuk kebutuhan persebaran dokter gigi masih jauh dari kata ideal mengingat Indonesia memiliki geografi yang luas dan jumlah penduduk yang banyak, terutama di daerah terpencil, tertinggal, perbatasan dan kepulauan (DTPK)”.

Sementara itu Dr. drg. RM. Sri Hananto Seno, Sp.BM(K), MM, FICD, selaku Ketua ICD XV Region 38 (Indonesia) mengatakan “Kegiatan ini berupa ceramah ilmiah yang disampaikan oleh para pakar sesuai bidangnya masing-masing dan diskusi langsung, workshop untuk meningkatkan kemampuan keterampilan klinis yang disesuaikan dengan kebutuhan kasus-kasus pasien sehari-hari, serta menyelenggarakan pameran material, alat dan obat-obatan kedokteran gigi baik vendor berasal dari luar maupun dalam negeri yang akan memberikan informasi tentang teknologi kedokteran gigi yang terkini serta yang dibutuhkan oleh dokter gigi.”

Acara yang berlangsung selama 2 hari ini (20 – 21 Agustus 2022) menghadirkan 10 pembicara ahli kedokteran gigi dalam ICD Scientific Seminar yang bertemakan “The Future of Dentistry Trends & Technologies”. Inter'Dental Indonesia 2022 diharapkan menjadi sarana atau media bagi perusahaan yang ingin meluncurkan produk atau teknologi terbaru dalam industri kedokteran gigi, memperluas cakupan bisnis dan networking, membuka peluang kerja sama dan investasi serta mendukung program pemerintah dalam membangun industri kesehatan nasional. Selain itu, ajang pameran ini juga menjadi showcase bagi para pelaku usaha produsen alat Kesehatan gigi dan mulut dalam negeri.

Inter'Dental Indonesia 2022 juga telah mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan serta PDGI dan para pelaku industri kedokteran gigi. Dengan hadirnya dukungan ini, akan menjadi momentum yang baik bagi dokter gigi, spesialis gigi, perawat gigi, mahasiswa jurusan kedokteran gigi, produsen gigi, dan peserta dari disiplin ilmu terkait lainnya untuk bisa mengembangkan keilmuannya dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan gigi dan mulut di Indonesia. [Berita : Media Indonesia, Tempo, Antara. Foto : Media Indonesia]

0 comments:

BERITA

ACARA

ORGANISASI

WAWASAN

OPINI

 
Hak cipta copyright © 1997-2024 Dentamedia, isi dapat dikutip dengan menyebutkan sumbernya
© free template by Blogspot tutorial