Senin, 05 Juni 2023

ORASI KETUA PB PDGI DI ATAS MOBIL KOMANDO

Ketua PB PDGI, Usman Sumantri menegaskan menolak RUU Kesehatan Omnibus Law, demikian disampaikan dari atas mobil komando saat berlangsung Aksi Damai di depan Gedung DPR, Senin 5 Juni 2023.

 

Ketua PB PDGI lebih lanjut menegaskan organisasi profesi yang sudah puluhan tahun berdiri tidak dilibatkan dalam pembahasan RUU Kesehatan termasuk pembahasan DIM yang sangat merugikan. Oleh karena itu aksi damai menolak RUU Kesehatan ini kembali dilakukan oleh ribuan dokter dan tenaga kesehatan pada Senin 5 Juni 2023,

 

Seperti aksi sebelumnya yang telah dilakukan pada Senin 8 Mei 2023, aksi damai jilid 2 kembali dikordinir oleh lima organisasi profesi kesehatan. Namun untuk aksi kali ini juga diikuti oleh para mahasiswa kedokteran dan kesehatan dari berbagai kampus.

 

Koordinator Lapangan Aksi dari Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), drg Eka Erwansyah mengatakan PDGI terpaksa kembali turun dalam aksi damai karena pemerintah tidak memberikan respon memadai pada tuntutan dokter dan tenaga kesehatan. “Ini merupakan wujud kepedulian PDGi terhadap ancaman RUU Kesehatan yang mengancam kepentingan masyarakat dan keselamatan tenaga kesehatan” demikian ujarnya.

 

Aksi damai berlangsung di depan gedung DRI-RI, dari spanduk serta orasi yang disampaikan beberapa hal yang menjadi keberatan antara lain: rencana pendidikan spesialis tidak berbasis perguruan tinggi, liberalisasi dan kapitalisasi kesehatan, kebebasan bagi tenaga asing, serta penghilangan peran organisasi profesi.

 

Sementara itu drg. Paulus Januar Satyawan, dari Biro Hukum PDGI mengatakan aksi pertama maupun yang kedua dilakukan karena keprihatinan terhadap hari depan kesehatan Indonesia dan sama sekali bukan karena kepentingan eksistensi organisasi profesi kesehatan. Menurut Paulus, keresahan terhadap hari depan kesehatan sebagai dampak dari RUU Kesehatan setelah kelak menjadi undang-undang ketika disampaikan melalui dialog ternyata tidak mendapatkan kesempatan yang substansial, sehingga dengan sangat terpaksa diadakan aksi damai jilid 2.

 

PDGI menolak RUU Kesehatan karena memandang perlu terlebih dahulu dipersiapkan konsepsi yang lebih matang dengan melibatkan para stakeholder dalam perumusannya. Perlu dipertimbangkan dengan seksama berbagai esensi permasalahan dan aspirasi masyarakat maupun dari kalangan profesi kesehatan dalam rangka memajukan pembangunan kesehatan Indonesia. [Berita : Humasdatin PB PDGI, AAI Devi Wulandari, Foto : AAI Devi Wulandari]

0 comments:

BERITA

ACARA

ORGANISASI

WAWASAN

OPINI

 
Hak cipta copyright © 1997-2024 Dentamedia, isi dapat dikutip dengan menyebutkan sumbernya
© free template by Blogspot tutorial