SEMBILAN RSGM TERAKREDITASI

Sembilan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) saat ini telah berhasil mendapatkan akreditasi dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS), demikian informasi yang didapat Dentamedia dari acara Kongres Asosiasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Indonesia (ARSGMPI) di Hotel Clarion Makassar, 7 April 2018.

Akreditasi yang  didapat oleh RSGM tersebut terdiri dari tiga tingkatan yaitu paripurna, utama, madya, dan perdana. RSGM yang mendapat akreditasi paripurna adalah RSGM Angkatan Udara (terakreditasi 2 Mei 2016), RS Khusus Gigi dan Mulut Universitas Jenderal Soedirman (terakreditasi 12 September 2017), RS Gigi dan Mulut Ladokgi TNI AL RE Martadinata (terakreditasi 17 Oktober 2017), dan RS Gigi dan Mulut TNI AL Ladokgi Yos Sudarso (terakreditasi 20 Desember 2017). RSGM yang mendapat akreditasi utama adalah RS Khusus Gigi dan Mulut Gusti Hasan Aman. RSGM yang mendapat akreditasi madya yaitu RS Gigi dan Mulut Yarsi (terakreditasi 11 Desember 2017), RS Gigi dan Mulut FKG Universitas Airlangga (terakreditasi 12 Desember 2017), dan RS Khusus Gigi dan Mulut Kota Bandung (terakreditasi 19 Desember 2017). RSGM yang terakreditasi perdana adalah RS Khusus Gigi dan Mulut Provinsi Sumatera Selatan (terakreditasi 5 Desember 2017).
Sementara itu Kongres ARSGMP sepakat untuk memilih kembali drg. Martha Juslily, MBA untuk menjadi Ketua ARSGMPI periode selanjutnya. Kongres ini juga diisi oleh Panel Diskusi yang menampilkan drg, Martha Juslily Ketua ARSGMPI, Prof. Ali Ghufron Mukti Direktur Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti, Dr. Bahruddin Thalib Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin, Prof. Tri Erri Astoeti Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti, serta drg Grace Virginia Gumuruh dari Konsil Kedokteran Indonesia. Hasil diskusi merekomendasikan antara lain: perlunya dukungan memadai dari para pemilik RSGM untuk itu disarankan penyelenggaraan pertemuan antara pemerintah dengan mereka, perlu diperjuangkan persyaratan khusus untuk RSGM ke Kementerian Kesehatan, pengembangan sharing resources dalam kerangka Academic Health Sysem (AHS), serta mengupayakan bantuan peralatan untuk RSGM dari pemerintah. *berita/foto : arsgmpi

0 komentar:

 
Hak cipta copyright © 1997-2018 Dentamedia, isi dapat dikutip dengan menyebutkan sumbernya
© free template by Blogspot tutorial