Sabtu, 04 Juni 2022

REKOR MURI PEMASANGAN 223 GIGI TIRUAN

Pemasangan 223 gigi tiruan secara serentak pada pasien dalam satu hari yang dilakukan pada kegiatan bakti sosial Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin di Makassar berhasil pecahkan Rekor MURI.

Pemasangan gigi tiruan tersebut dilakukan dalam rangka bakti sosial kepada masyarakat yang kurang mampu di Puskesmas Kota Makassar serta Puskesmas di Kabupaten Takalar. Kegiatan bakti sosial ini merupakan kolaborasi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin (FKG Unhas) dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Makassar yang disponsori oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) serta Laznas Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU). Kegiatan ini berlangsung di JK Arenatorium Unhas, Sabtu 4 Juni 2022. 

Kegiatan baksos pemasangan gigi tiruan serentak ini mengangkat tema “Satu Langkah Kecil dengan Kepedulian yang Besar”. Tema tersebut sejalan dengan program pemerintah dalam meningkatkan kualitas hidup pada lansia. Pemasangan gigi tiruan merupakan salah satu langkah rehabilitatif untuk memperoleh kembali sistem pengunyahan yang normal agar asupan nutrisi terpenuhi. Program baksos ini telah diluncurkan sejak tanggal bulan Maret 2022. Ketua Panitia, drg. Irfan Dammar, Sp.Pros(K) menyampaikan, kegiatan ini telah dimulai pada tanggal 22 Maret 2022 dimulai dengan penjaringan pasien, kemudian pencetakan, pemasangan sementara, terakhir pemasangan tetap secara serentak pada tanggal 4 Juni 2022.

Turut hadir pada kegiatan baksos ini, Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir, Jamaluddin Jompa, M.Sc; Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas, Prof. Dr. Ir. Muh. Restu, MP; Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Bahtiar Baso, M.Kes; Direktur Laznas BSMU, Ilham Syahputra; Pimpinan Regional CEO Regional XI Makassar BSI, Bapak Ficko Hardowiseto; Perwakilan Museum Rekor Indonesia (MURI), Bapak Triyono; Ketua PDGI Wilayah Sulselbar , Dr. drg. Asdar Gani, M.Kes; Perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Makassar, drg. Andri Anwar, M.Kes; serta Ketua IPROSI Cabang Makassar, drg, Rahmat, Sp.Pros. 

Ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat disampaikan oleh dekan FKG Unhas, Prof. Muhammad Ruslin, drg. M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K), “Sejak awal, FKG Unhas sangat mensuport kegiatan ini, disamping sebagai bentuk kegiatan pengabdian tri dharma perguruan tinggi, kegiatan ini juga sejalan dengan Unhas sebagai Kampus Humaniversity, dimana Unhas selalu memberikan manfaat kepada masyarakat”. Sementara itu Senior Manager MURI, Triyono mengapresiasi pihak FKG Unhas yang telah berhasil memecahkan rekor. “Kami memberikan apresiasi dan semoga kegiatan ini memberikan inspirasi bagi masyakarat agar berkreasi dan memberikan manfaat seluas-luasnya,” ujarnya. Triyono berharap FKG Unhas terus menggelar kegiatan bermanfaat bagi masyakarat serta memberikan pelayanan yang terbaik kepada mereka. [Berita : Rizna Salsadila Shofwa, Foto : FKG Unhas]

0 comments:

BERITA

ACARA

ORGANISASI

WAWASAN

OPINI

 
Hak cipta copyright © 1997-2024 Dentamedia, isi dapat dikutip dengan menyebutkan sumbernya
© free template by Blogspot tutorial