Senin, 12 September 2022

PDGI PECAHKAN REKOR MURI LAGI

Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) kembali memecahkan Rekor Muri, kali ini untuk katagori “Sikat Gigi Secara Daring di Lokasi dan Peserta Terbanyak” yang dilaksanakan bertepatan dengan Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN), 12 September 2022.

 

Tercatat ada  2.521 Sekolah Dasar dengan 708.266 Siswa di seluruh Indonesia yang turut serta dalam kegiatan sikat gigi masal pemecahan Rekor Muri ini. Di tingkat pusat, acara perlangsung di Plaza Utara Gelora Bung Karno (GBK) yang dihadiri Pejabat Kementerian Kesehatan, Pengurus PDGI, para Dekan Fakultas Kedokteran Gigi, para Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut, para siswa Sekolah Dasar, perwakilan PT Unilever Indonesia selaku sponsor, serta dimeriahkan oleh para artis seperti Ringgo Agus, Sabai Dieter, Agatha Suci, Ivan Gunawan, Wulan Guritno, Yuni Shara.

 

Kegiatan HKGN di GBK pada tanggal 12 September 2022 sekaligus juga merupakan penanda dimulainya Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) yang merupakan kerjasama PDGI, Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) serta Asosiasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Indonesia (ARSGMP). BKGN merupakan kegiatan tahunan yang rutin diselenggarakan, namun sudah dua tahun terakhir diselenggarakan secara daring akibat pandemi. Oleh karena itu, kegiatan HKGN 2022 yang mengusung tema “Pulih Bersama dengan Senyum Sehat Indonesia” merupakan simbol bangkitnya perawatan kesehatan gigi dan mulut Indonesia dan mulai diselenggarakannya kembali secara luring. Rangkaian kegiatan BKGN berupa pemeriksaan dan perawatan gigi dan mulut gratis di 28 Fakultas Kedokteran Gigi dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut di seluruh Indonesia. Serta dilengkapi dengan Program 21 Hari Menyikat Gigi di Sekolah serta Teledentistry yang juga akan diikuti oleh Cabang PDGI terpilih.

 

Dalam kesempatan tersebut Menteri Kesehatan Budi G. Sadikin yang memberikan sambutan secara daring mengatakan kesehatan gigi harus dijaga sejak masa kanak kanak, sehingga di masa tua, kondisinya tetap terjaga dengan baik. Untuk itu selain rajin menyikat gigi secara teratur, Menkes juga meminta masyarakat untuk rutin memeriksakan kondisi giginya ke dokter gigi. “Saya mengamati banyak anak yang takut/malas ke dokter gigi, karena mendengar bunyi dan melihat alat-alatnya terkesan menakutkan. Akibatnya banyak masyarakat kita yang kurang terawat gigi dan mulutnya” ujar Menkes Budi. [Berita : Nadia Faradiba, Foto : Humasdatin PDGI]

0 comments:

BERITA

ACARA

ORGANISASI

WAWASAN

OPINI

 
Hak cipta copyright © 1997-2024 Dentamedia, isi dapat dikutip dengan menyebutkan sumbernya
© free template by Blogspot tutorial